UN SMA 2013 Bahasa Indonesia
Doc. Name: UNSMA2013IND999 Doc. Version: 2013 -07 |
Kode Soal
halaman 1
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
01. Cermati teks berikut!
Problem kurang nafsu makan sering terjadi
pada anak. Penyebab anak kurang nafsu
makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan
secara psikolodis. Prilaku dalam makan
timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan
oleh keluarga lainnya. Anak yang
tumbuh dalam lingkungan keluarga yang
enggan makan, lantaran diet misalnya, akan
mengembangkan perilaku enggan makan
pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi
seorang anak harus dibuat dalam suasana
yang menyenangkan. Jangan ada unsure paksaan
sehingga timbul kesan saat makan menjadi
sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan
merupakan hukuman.
Ide pokok paragraph tersebut adalah …
(A) Problem kurang nafsu makan pada anak
(B) Prilaku anak kurang nafsu makan
(C) Cara mengatasi kurang nafsu makan
(D) Suasana makan yang menyenangkan
(E) Jangan ada paksaan agar anak mau
makan
02. Bacalah paragraf berikut dengan
seksama untuk menjawab soal nomor 2
dan 3!
(1) Bertambahnya permintaan lahan bukan
hanya pada kawasan industry. (2) Kawasan
lainnya juga membutuhkan lahan unuk
meningkatkan pencapaian pangan. (3) Demi
pencapaian swasembada gula dan kedelai
misalnya, Kementrian Pertanian membutuhkan
tambahan 850.000 hektar. (4) Pada
saat bersamaan, tiap tahun 100.000 hektar
lahan pertanian produktif beralih fungsi. (5)
Terutama sawah di Jawa untuk berbagai
keperluan, termasuk untuk industri
elektronik .
Kalimat penjelas yang tidak padu pada
paragraf tersebut adalah …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)
03. Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)
04. Setelah dilakukan penilaian terhadap
ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA
yang memperoleh nilai 8 sebanyak 25 orang,
nilai 7 sebanyak empat orang, dan 6 hanya 1
orang. Jumlah siswa 30 orang …
Simpulan paragraf tersebut adalah …
(A) Dapat dikatakan nilai mereka baik
(B) Belum dapar dikatakan mereka pintar
(C) Mereka belum dikatakan siswa yang pandai
(D) Jadi, guru mereka boleh berbangga
(E) Memang mereka anak yang rajin-rajin
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 2
05. Bacalah paragraf berikut dengan
seksama!
Hukum bersifat memaksa, adil, dan tidak
memandang latar belakang, kasta, agama,
harta, dan status social. Kini hokum dipertanyakan
keberadaannya karena pada kenyataannya
hokum tidak bias tegak berdiri
sebagai pedoman dalam bermasyarakat. Kini
hokum hanya menjadi pajangan formalitas
dunia politik. Bukan hanya itu, hokum kini
hanya berlaku untuk masyarakat kalangan
bawah tanpa status social. Berbeda dengan
orang-orang yang mempunyai jabatan dan
status social di masyarakat yang dapat mengutak-
atik hokum sesuai keinginan mereka.
Hanya bermodal secarik kertas bertuliskan
nominal angka rupiah yang menakjubkan,
hukum seketika dapat berubah bahkan tidak
berlaku untuk mereka.
Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi
paragraf adalah …
(A) Bagaimana seharusnya hukum dapat
ditegakkan
(B) Mengapa hukum hanya sebagai pajangan
formalitas dunia politik ?
(C) Apa maksudnya bahwa hukum bersifat
memaksa ?
(D) Sejak kapan hukum dijadikan pajangan
formalitas dunia politik ?
(E) Mengapa hukum harus bersih memaksa
dan adil ?
06. Bacalah kutipan berikut dengan
seksama!
Menurut Umar Kayam, saat ia sekolah
dasar ada keharusan untuk membaca dongeng
- dongeng, dan ada pelajaran bercerita
di depan kelas dalam bahasa Belanda. Diakuinya
pendidikan Belanda memang baik,
teratur, dan disiplin. Di kelas lima HIS, ia
menguasai bahasa Belanda. Sehari-harinya,
bersama orang tuanya ia berbicara dalam bahasa
Jawa halus (kromo) campuran Belanda.
Bahasa Melayu bukan bahasa sehari-hari. Ia
les bahasa Melayu sore hari. Baru pada masa
penduduk tentara Jepang, bahasa Indonesia
diwajibkan secara intensif sebagai bahasa
pengantar. Meski kelak ditulisnya dalam
novel Para Priyai bahwa masa pendudukan
tentara Jepang sangat represif dan menyakitkan
sekaligus mengerikan khususnya di
bidang pelanggaran hak-hak asasi manusia
secara semena-mena, menurutnya, salah satu
tindakan pemerintah pendudukan Jepang
yang dapat dinilai positif adalah Jepang berjasa
mengindonesiakan kita dalam waktu
sekejap.
Keistimewaan tokoh berdasarkan biografi
tersebut adalah …
(A) Umar Kayam mampu membaca buku
dongeng untuk diceritakan di depan
kelas
(B) Umay Kayam selalu menata kehidupannya
dengan baik, teratur, dan
disiplin
(C) Umar Kayam sehari-hari berbicara
dalam bahasa Jawa Kromo dan bahasa
Belanda
(D) Umar Kayam sebagai orang Jawa menguasai
bahasa Belanda sejak kelas V HIS
(E) Pada masa pendudukan Jepang Umar
Kayam sudah menggunakan bahasa
Indonesia
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 3
07. Cermati kutipan berikut untuk menjawab
soal nomor 7 s.d.9.
(1) PT Pertamina juga menyongkong
keajaiban pembatasan konsumsi BBM bersubsidi
seiring dengan meningkatnya jumlah
SPBU yang menjual pertamax. (2) Dengan
penerapan kebijakan itu di Jawa-Bali, realisasi
konsumsi pertamax diharapkan bias meningkat
dan harga juga cenderung stabil. (3) Setelah
pembatasan BBM bersubsidi di Jabodetabek,
konsumsi pertamax naik 16 persen pada
Juni 2012 dibandingkan Mei lalu, sementara
premium turun 2,1 persen. (4) Jelas kebijakan
itu berdampak tidak signifikan pada konsumsi
premium meningkat instrument pembatas
yang diterapkan lingkupnya terbatas. (5) Jika
berjalan pun, volume BBM bersubsidi yang
bias dihemat hanya sekitar 1 juta kiloliter.
Makna kata signifikan pada kutipan tersebut
adalah …
(A) Terpenuhi
(B) Sesuai
(C) Penting
(D) Nyata
(E) Bertentangan
08. Kalimat fakta pada kutipan tersebut adalah
…
(A) (1) dan (2)
(B) (1) dan (3)
(C) (2) dan (3)
(D) (3) dan (4)
(E) (4) dan (5)
09. Tujuan penulis pada kutipan tersebut adalah
…
(A) Mengingatkan pemerintah bahwa konsumen
BBM masih lebih besar pada pemakaian
premium
(B) Mengajak pemerintah untuk mencari
solusi yang lebih baik untuk mengatasi
masalah BBM
(C) Menginformasikan bahwa pemakaian
BBM bersubsidi bias dihemat semaksimal
mungkin
(D) Memberitahukan kepada pemerintah
bahwa kebijakan pembatasan BBM
belum menyentuh akar masalah
(E) Memengaruhi masyarakat agar mulai
menggunakan Pertamax karena SPBU
nya sudah banyak
10. Bacalah penggalan tajuk berikut untuk
menjawab soal nomor 10 dan 11!
Ada dua persoalan mendesak di sini.
Pertama, bagaimana kita merespon potensi
gejolak harga dan persoalan di dalam negeri
akibat kekeringan di AS, mengingat ketiga
komoditas itu sudah menjadi komponen
penting dalam konsumsi pangan masyarakat
kita. Terutama kedelai sebagai bahan
baku tahu tempe, sumber gizi utama
kelompok pendapatan bawah.
Isu kedua, mengatasi persoalan lebih
mendasar, yang membuat kita selalu dalam
posisi rentan terhadap setiap gejolak
pangan dunia atau kondisi alam.
Opini penulis tajuk rencana tersebut adalah
…
(A) Gejolak harga akibat kekeringan di AS
(B) Tiga komoditas dalam konsumsi pangan
masyarakat
(C) Komponen penting dalam bahan baku
tahu tempe
(D) Bagaimana kita merespon potensi gejolak
harga
(E) Persoalan mendesak yang perlu diatasi
secara mendasar
11. Penulis dalam kutipan tersebut berpihak
kepada …
(A) Pemerintah Amerika
(B) Pemerintah Indonesia
(C) Masyarakat Indonesia
(D) Masyarakat Amerika
(E) Masyarakat dunia
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 4
12. Cermati tabel berikut ini untuk menjawab
soal nomot 12 dan 13!
Data kecelakaan Kereta Api 2006 - 2010
Pernyataan yang sesuai dengan isi table adalah
…
(A) Tahun 2006 jumlah korban luka berat
dan meninggal sama dengan jumlah
korban luka ringan
(B) Tahun 2007 jumlah korban meninggal
lebih sedikit dari pada tahun 2010 meski
jumlah kecelakaan sama
(C) Tahun 2009 dari 109 kejadian kecelakaan,
korban luka berat tercatat paling
kecil dalam kurun waktu 5 tahun
terakhir
(D) Tahun 2009 merupakan tahun yang paling
sedikit kasus kecelakaan tetapi paling
besar jumlah korbannya
(E) Tahun 2010 dari 196 kejadian korban
luka berat lebih sedikit dari pada tahun
2009
13. Simpulan yang tepat dari isi tabel tersebut
adalah …
(A) Kecelakaan kereta api banyak terjadi
pada tahun 2007 dalam rentang waktu
2006-2010
(B) Tahun 2006, korban kecelakaan kereta
paling sedikit dibandingkan tahun-tahun
dalam renatang waktu 2006-2010
(C) Dalam kecelakaan kereta api di Indonesia
selalu terdapat korban meninggal
dunia
(D) Dalam kurun waktu 2006 - 2009 jumlah
kejadian kecelakaan kereta api selalu
menurun
(E) Dalam kecelakaan kereta api korban
yang mengalami luka berat lebih banyak
dari luka ringan
14. Bacalah kutipan berikut dengan seksama
untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
Setelah Raja Habsyi mendengarkan kata
utusan itu makan baginda itu pun sangat
marahnya bagai api bernyala-nyala dan
seperti ular berbelit-belit seraya memandang
kiri dan kanan maka baginda pun mengambil
prajuritnya yang kembar itu seraya katanya.
“Hai Wira Maya dan Wira Santika, pergilah
engkau segera-segeralah ke negeri Mesir, ambil
olehmu Putri Siti Baghdad.”
Setelah itu maka Wira Maya dan Wira
Santika pun menyembah lalu serjalan ke luar
kota maka lalu terbang ke udara menuju
negeri Mesir. Maka tiadalah tersebut lagi di
jalan maka segeralah sampai, maka Wira
Maya dan Wira Santika pun masuk ke dalam
puri pada ketika tengah malam ia membaca
aji halimun dan sirap. Maka orang dalam puri
pun tidurlah seperti akan mati, tiadalah khabarkan
lagi dari pada sebab kena sirap Wira
Maya dan Wira Santika itu. Maka Tuan Putri
itu serta dimasukannya ke dalam peti maka
lalu dibawahnya terbang ke udara pulang ke
negeri Habsyi.
Kemustahilan kutipan hikayat tersebut adalah
…
(A) Kebaikan seseorang disambut dengan
kemarahan raja
(B) Manusia terbang untuk menuju ke suatu
tempat
(C) Prajurit yang baik akan melaksanakan
tugas yang diberikan rajanya
(D) Semua orang bias memasuki putrid Tuan
Putri
(E) Tuan Putri tidur lelap terkena sirap
prajurit kembar
15. Nilai moral yang terdapat pada kutipan hikayat
tersebut adalah …
(A) Berdoa sebelum mengerjakan sebuah
tugas
(B) Mengkhianati kepercayaan yang diberika
seseorang
(C) Kebaikan seseorang dibalas dengan
kekejaman
(D) Melakukan berbagai cara unruk mendapatkan
kebaikan
(E) Patuh terhadap perintah pimpinannya
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 5
16. Cermati kutipan cerpen berikut!
“Bahkan ibu bersedia pergi kepada apa
yang disebut orang-orang pintar, dari satu
pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada
ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua
yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang
menasehati ibu harus mencobanya menasehati
juga. Maklumlah alam Timur masih penuh
dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal
yang berkaitan dengan mistik. Semua itu ibu
lakukan untuk mendapatkan engkau Maniek.
Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, nduk.
(Rumah Tanpa Cinta, Titiek W.S.)
Keterkaitan nilai budaya dengan kehidupan
sehari-hari adalah …
(A) Masih banyak masyarakat yang mempercayai
mistik
(B) Alam Timur masih penuh dengan hal-hal
ghaib
(C) Zaman modern tidak ada lagi yang percaya
mistik
(D) Kita boleh saja percaya kepada orangorang
pintar
(E) Ilmu mistik termasuk ilmu yang tidak
masuk akal
17. Bacalah kutipan naskah drama berikut
untuk menjawab soal no.17 dan 18.
Aku sendiri tidak mampu merumuskan,
apakah aku kalah atau menang sebagaimana
istriku juga tidak menimbulkan kesa, bahwa
dia menang atau kalah dalam peperangan
yang disulut dalam rumah tangganya, rumah
tanggaku, rumah tangga kami. Aku pasrah
dan Kepasrahanku memang tindak lanjut
dari permintaanku terhadap takdir. Biarpun
tidak mutlak demikian, akan tetapi aku belum
menemukan jalan kecuali pasrah. Aku
pasrah menerima keadaan, biarpun aku belum
ingin berhenti menghadang dan menantang
nasib.
(Aku, Keluargaku, Tetanggaku, Darman Murni)
Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut
adalah …
(A) Seorang suami harus bersikap tegas
kepada istri dan keluarganya
(B) Segala persoalan dalam rumah tangga
hendaknya dirundingkan oleh suami istri
(C) Jangan membawa persoalan-persoalan
rumah tangga kepada orang lain
(D) Kebahagiaan dalam rumah tangga tidak
dating tanpa perjuangan
(E) Keterbukaan dalam rumah tangga
adalah kunci meraih kebahagiaan
18. Watak tokoh aku dalam kutipan tersebut
adalah …
(A) Penakut
(B) Mengalah
(C) Sabar
(D) Berani
(E) Teliti
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 6
19. Cermatilah kutipan naskah drama
berikut untuk menjawab soal no.19 dan
20!
Resnaga : Malvin, hari ini piketmu
(menyodorkan sapu).
Malvin : (Tak acuh, kepalanya bergoyanggoyang
menikmati lagu)
Resnaga : Malvin, hari ini piketmu (berteriak
nyaring)
Malvin : (Masih tetap acuh, bahkan lebih
keras menggoyang-goyangkan
kepalanya)
Kartika : Biar aku saja, mana sapunya? (tibatiba
muncul dari balik pintu)
Resnaga : Mengapa kau begitu baik hati?
Malvin tak pernah piket, kau
tahu? (protes agak keras menun
juk Malvin. Malvin lepas earphone)
Kartika : Karena aku … Aku … (gugup,
terbata-bata saat Malvin menatap
nya tajam)
Friska : Karena dia memang seorang pembantu!
Ha...ha...ha… (tiba-tiba muncul dari
balik pintu dengan suara nyaring) (Kertini
Berdarah, Amanatia Junda S)
Watak tokoh Resnaga dalam kutipan drama
tersebut adalah …
(A) Pemarah
(B) Dengki
(C) Iri
(D) Pendendam
(E) Munafik
20. Konflik dalam kutipan naskah drama tersebut
adalah …
(A) Kekesalan Resnaga karena Malvin tidak
mau melaksanakan tugas piket
(B) Kartika ketahuan saat menggatikan
tugas piket Malvin
(C) Kekecewaan Resnaga setelah kartika
membantu Malvin
(D) Kesedihan Kartika setelah diejek Friska
dari balik pintu dengan suara nyaring
(E) Kebencian Malvin kepada Resnaga saat
membela kartika
21. Puisi berikut untuk soal nomor 21 s.d. 23!
Gelombang
Gelombang itu telah berhasil menenggelamkan
kapal tua
Semua isinya telah bertumpah ke laut
Di atas papan orang-orang berenang
Ingin menyelamatkan diri
Nahkoda kapal yang berpuluh tahun memegang
kendali kapal itu
Kini terantuk karang, tubuhnya
Namun juga mati
Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut
adalah …
(A) Haru
(B) Sunyi
(C) Sendu
(D) Tegang
(E) Marah
22. Makna lambing kata “kapal” dalam puisi
tersebut adalah …
(A) Angkutan laut
(B) Penderitaan
(C) Tempat tinggal
(D) Angan-angan
(E) Rumah tangga
23. Maksud isi larik pertama puisi tersebut
adalah ..
(A) Ombak yang bergulung-gulung di lautan
(B) Kesedihan sebuah keluarga dalam
menghadapi cobaan hidup
(C) Kegelisahan seseorang dalam menyelesaikan
masalah kehidupan
(D) Kehidupan yang mampu menghancurkan
sebuah keluarga
(E) Gangguan kehidupan yang dayang silih
berganti
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 7
24. Bacalah kutipan pantun berikut!
Biarlah orang bertanam buluh
Mari kita bertaman padi
Viarlah orang bertaman musuh
Mari kita bertanam budi
Maksud isi pantun tersebut adalah …
(A) Melakukan kebaikan lebih mulia dari
pada mencari musuh
(B) Janganlah mencari musuh supaya tidak
berhutang budi
(C) Budi harus dibalas supaya tidak menimbulkan
permusuhan
(D) Permusuhan akan terjadi kalau tidak pandai
menanam kebaikan
(E) Budi harus dipertahankan agar tidak
terjadi permusuhan
25. Bacalah kutipan gurindam berikut
dengan seksama!
Apabila anak tidak dilatih,
Jika besar bapaknya letih
Maksud isi gurindan tersebut adalah …
(A) Anak harus dilatih sejak kecil supaya
menjadi terampil
(B) Anak harus dididik dari kecil supaya
masa depannya mudah diatur
(C) Jika anak tidak dididik sejak kecil, besarnya
akan menyusahkan orang tua
(D) Apabila anak tidak dididik sejak kecil,
besarnya akan melawan bapaknya
(E) Latihan itu penting diberikan sejak kecil
supaya kelak hidup mandiri
26. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Kali kecil di depan rumah temanku terlihat
sangat kotor. Warna airnya hitam pekat
dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula
tumpukan sampah yang umumnya berupa
kantong plastic dan botol plastic bekas. Kotoran-
kotoran itu terlihat menghambat lajunya
air mengalir atau membuat air
tergenang.
(A) Kalimat deskripsi yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah …
(B) Ini kesalahan warga setempat yang
membuang sampah sembarang
(C) Kalau dibiarkan tentunya banjir akan
melanda wilayah itu di musim hujan
(D) Di sinilah perlunya pengandaan petugas
kebersihan
(E) Dalam hal ini, bila terjadi banjir, tidak
ada yang dapat disalahkan
27. Perhatikan urutan kalimat berikut!
(1) Kupas bawang bombai dan iris tipis-tipis
(2) Haluskan semua bumbu
(3) Campurkan semua bahan dengan bumbu
yang sudah dihaluskan
(4) Masukkan bahan tersebut ke dalam
cetakan
(5) Hidangkan siap disajikan
(6) Panaskan dalam oven dengan
temperature 80°C selamat 20 menit
(7) Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang
diperlukan
Urutan kalimat tersebut yang tepat agar
menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah
…
(A) (7), (2), (1), (3), (4), (6), dan (5)
(B) (7), (2), (1), (4), (3), (6), dan (5)
(C) (7), (1), (2), (3), (6), (4), dan (5)
(D) (7), (1), (2), (4), (3), (6), dan (5)
(E) (7), (1), (2), (3), (6), (4), dan (5)
28. Bacalah paragraf berikut dengan
seksama!
Pendidikan adalah salah satu factor
penentu majumundurnya bangsa. Namun,
fakta di lapangan menunjukkan pendidikan
di Indonesia sangat mahal. …, Hal ini menyebabkan
banyak anak usia sekolah SD
hingga SMA putus sekolah. Biaya pendidikan
yang mahal diperkirakan menjadi sebab
tingginya angka putus sekolah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf argumentasi tersebut adalah …
(A) Masyarakat yang kurang mampu tidak
dapat menjangkau mahalnya biaya pendidikan
itu
(B) Apalagi untuk masuk ke perguruan
tinggi yang diunggulkan masyarakat
(C) Diperlukan uang ratusan juta rupiah untuk
masuk ke fakultas kedokteran
(D) Masyarakat yang kurang mampu tidak
mungkin dapat menguliahkan anaknya
di perguruan tinggi
(E) Sudah menjadi rahasia umum, fakultas
kedokteran adalah fakultas termahal saat
ini
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 8
29. Bacalah silogisme berikut dengan
seksama!
PU : Siswa yang tergolong kurang mampu
akan diberikan tunjangan belajar
PK : Hadiruddin siswa yang tergolong
kurang mampu
K : ….
Simpulan yang tepat untuk melengkapi
silogisme tersebut adalah …
(A) Tunjangan belajar harus diberikan
kepada Hadiruddin
(B) Hadiruddin tergolong kurang mampu
sehingga patut diberikan tunjangan belajar
(C) Hadiruddin akan diberikan tunjangan
belajar
(D) Tunjangan belajar bagi yang tidak
mampu diberikan kepada Hidaruddin
(E) Hidaruddin akan diberikan tunjangan
belajar karena kurang mampu
30. Cermatilah paragraf berikut!
Keluarga Pak Ahmad terdiri atas empat
orang, yakni Pak Ahmad, Bu Ahmad, dan
kedua anak mereka. Anak pertama lulusan
Universitas Indonesia dan sekarang bekerja
di Kementrian Keuangan. Sementara itu,
anak kedua masih berkuliah di Institut
Teknologi Bandung Jurusan Teknik Elektro.
Bu Ahmad baru saja dikukuhkan menjadi
guru besar di UGM dan Pak Ahmad menjadi
reactor di salah satu perguruan tinggi swasta
ternama di Yogyakarta. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian
yang rumpang dalam paragraf generalisasi
tersebut adalah …
(A) Keluarga Pak Ahmad adalah keluarga
terpelajar
(B) Keluarga Pak Ahmad adalah keluarga
kaya
(C) Keluarga Pak Ahmad merupakan keluarga
yang rukun
(D) Semua anggota keluarga Pak Ahmad
pandai dan sukses
(E) Pak Ahmad berhasil mendidik anakanaknya
31. Bacalah paragraf berikut dengan
seksama!
Musim hujan yang terjadi tahun ini dapat
dikatakan sangat parah. Banyak genangan air
di kebun, perumahan, bahkan di jalan-jalan.
Sementara, masyarakat masih sering membuang
sampah di sembarang tempat. Tidak
ada kesadaran warga untuk membersihkan
lingkungannya. Kondisi seperti ini sangat
mendukung nyamuk DBD untuk berkembang
biak.
Kalimat akibat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
(A) Tidak ada upaya warga untuk memberantas
nyamuk DBD
(B) Kebersihan lingkungan harus menjadi
prioritas pertama warga
(C) Banyak warga terserang penyakit demam
berdarah
(D) Pada musim penghujan muncul nyamuk
demam berdarah
(E) Setiap warga harus berhati-hati bila
musim penghujan tiba
32. Cermati teks pidato!
Hadirin yang berbahagia, HP merupakan
alat komunikasi yang sangat penting. Namun,
apabila dipergunakan secara tidak tepat mengakibatkan
hal yang tidak baik. Untuk itu …
Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi
pidato tersebut adalah …
(A) Gunakanlah HP sehemat mungkin agar
tidak menghabiskan pulsa!
(B) Gunakanlah HP secara bijak sesuai dengan
keperluan!
(C) Matikan HP pada saat tidak diperlukan!
(D) Jangan menggunakan HP karena
membuat kita lupa waktu!
(E) Jangan menggunakan HP karena telepon
rumah lebih hemat biaya!
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 9
33. Cermatilah paragraf berikut!
Ketika saya akan memasuki ruang ujian
ini, saya merasa tidak akan dapat mengikuti
ujian dengan tenang. Akan tetapi setelah saya
berdoa, perasaan itu menjawi berkurang.
Ternyata saya ketakutan. Begitu lembar soal
saya buka, saya menarik panjang dan mengucapkan
nama Tuhan, perasaan saya semakin
tenang sehingga dapat menjawab soal dengan
baik.
Kata buku yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
(A) Kawatir, hanya, nafas
(B) Khuwatir, hanya, nafas
(C) Khawatir, hanya, nafas
(D) Kawatir, cuma, napas
(E) Kuatir, cuma, napas
34. Cermati paragraf berikut!
sumbangan moral maupun … sangat
diperlukan bagi setiap korban bencana. Kita
juga harus dapat … kondisi psikis mereka.
Mereka harus kehilangan harta benda dan
nyawa orang yang mereka kasihi. Kondisi
psikis akan semakin … apabila kita bersikap
kurang peduli terhadap kejadian yang
mereka alami.
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf nunpang tersebut adalah …
(A) Materiil, memahami, mengkhawatirkan
(B) Material, memfahami, mengkhawatirkan
(C) Material, memahami, menguatirkan
(D) Material, mempahami, menguatirkan
(E) Material, memahami, mengkhawatirkan
35. Cermati paragraf berikut!
Lena sudah berkali-kali ditanaya oleh
orang tuanya, kapan ia akan menikah. Untuk
…. Tekanan dari orang tuanya itu, Lena
akhirnya berterus terang bahwa sebenernya ia
ingin … pengakuan Lena sebagai upaya Lena
menolak lamaran Robert.
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah …
(A) Menghindari, menyucikan, menafsirkan
(B) Menghindari, mensucikan, menafsirkan
(C) Menghindar, menyucikan mentafsirkan
(D) Menghindar, mensucikan,
menterjemahkan
(E) Menghindar, mensucikan,
mentejermahkan
36. Cermati paragraf berikut!
Tempat pembuangan sampah itu
sekarang banyak didatangi pemulung. Mereka
mencari rezeki dengan …. Tumpukan sampaj
untuk mencari barang bekas yang masih dapat
mereka jual. Lalu mereka …. Barang
tersebut, seperti botol plastic, ember rusak,
atau kertas dan kardus. Barang-barang tersebut
terlihat …. sesuai dengan jenisnya.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
(A) Mengais-ngais, memisah-misahkan,
bertumpuk-tumpuk
(B) Mengais-kais, memisah-misahkan,
bertumpuk-tumpukan
(C) Mengais-ais, mempisah-pisahkan,
menumpuk-numpuk
(D) Mengkais-kais, mempisah-pisahkan,
menumpuk-numpuk
(E) Mengkais-ais, memisah-pisahkan,
menumpuk-tumpuk
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 10
37. Cermatilah paragraf berikut!
Dalam beberapa pertandingan sepak
bola, Damar sering menduduki posisi yang
kurang berarti sehingga ia tidak diperhatikam
oleh lawannya. Akan tetapi, sikap
meremehkan itu harus dibayar mahal. Pada
pertandingan hari ini Damar mengalahkan
lawannya secara tak terduga. Damar keluar
sebagai ….. dalam pertandingan itu.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
(A) Kuda putih
(B) Kuda hitam
(C) Pecundang
(D) Pemain ulet
(E) Kuda hijau
38. Cermati paragraf berikut!
Perilaku kedua anak itu tidak jauh berbeda
dari orang tuanya. Ibarat Ayahnya, Pak
Abdullah taat beribadah dan gemar
bederma. Kedua anaknya pun demikian. Tak
segan-segan mereka menyantuni anak yatim
dan orang miskin. Sifat ibunya, Bu Jamilah
yang rendah hati, penyabar, dan santun juga
melekat pada pribadi sang anak. Sungguh
keluarga yang sangat berbahagia.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
(A) Indah budi karena bahasa
(B) Air beriak tanda tak dalam
(C) Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan
juga
(D) Air susu dibalas dengan air tuba
(E) Anak di pangkuan dilepaskan, beruk di
rimba disusui
39. Cermatilah kutipan paragraf berikut!
Disadari atau tidak oleh seorang penyair,
hanya pengalaman dan renungan yang
mengendap dengan baiklah yang tidak keluar
menjadi puisi yang baik. Mngkin saja
seorang penyair bukan sadar bahwa sebuah
pengalaman hidupnya bergolak terus
menerus ia berhasil menulis banyak puisi tentang
sesuatu sepintas tidak terlalu
dipikirkannya. Akhirnya, ia muncul sebagai
penyair yang tidak produksi.
Frase yang tepat untuk memperbaiki frasafrasa
yang tercetak miring pada paragraf
tersebut adalah …
(A) Akan muncul, tidak sadar, kurang
produktif
(B) Akan lahir, tidak menyadari, sangat
produktif
(C) Sudah lahir, kurang sadar, tidak
berproduksi
(D) Akan masuk, agak menyadari, agak
produktif
(E) Sudah muncul, sangat sadar, lebih
produksi
40. Cermati paragraf berikut!
Sebagai keilmuan, terjadinya paradigma
bahasa bahwa hal yang wajar. Hal ini biasa
terjadi, namun sesungguhnya paradigm itu
sendiri merupakan petunjuk teori yang
membentuk kerangka berpikir bagaimana
manusia memandang aspek-aspek kehidupan
dalam hal ini tentukan aspek kebahasaan.
Perbaikan kata penghubung yang tercetak
miring pada paragraf tersebut adalah …
(A) Adalah, karena
(B) Akibat, adalah
(C) Karena, meskipun
(D) Ialah, akibat
(E) Meskipun, sebab
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 11
41. Cermati ilustrasi berikut!
Osis SMA Bunda akan mengadakan
lomba madding pada hari Minggu 23 September
2012 bertempat di aula SMA Bunda,
pukul 09.00-12.00 WIB.
Penulisan pemberian pelaksanaan kegiatan
dalam surat undangan yang tepat sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah …
(A) Lomba dilaksanakan pada
Hari : Minggu
Tanggal : 23 September 2012
Pukul : 08.00 s/d 12.00 WIB
Tempat : Aula SMA Bunda
(B) Lomba dilaksanakan pada
Hari : Minggu
Tanggal : 23 September 2012
Pukul : jam 08.00-12.00 WIB
Tempat : Aula SMA
(C) Lomba dilaksanakan pada
Hari : Minggu
Tanggal : 23 September 2012
Pukul : pk 08.00-12.00 WIB
Tempat : Aula SMA Bunda
(D) Lomba dilaksanakan pada
Hari : Minggu/
Tanggal : 23 September 2012
Pukul : 09.00-12.00 WIB
Tempat : Aula SMA Bunda
(E) Lomba dilaksanakan pada
Hari : minggu
Tanggal : 23 September 2012
Pukul : 08.00 s.d. 12.00 WIB
Tempat : Aula SMA Bunda
42. Cermati kalimat penutup surat berikut!
Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih
banyak.
Perbaikan yang tepat untuk penutup surat
tersebut adalah …
(A) Atas perhatian yang baik, saya
mengucapkan terima kasih
(B) Atas perhatian kalian, saya
mengucapkan terima kasih
(C) Atas perhatiannya, saya berterima kasih
banyak
(D) Atas perhatiannya, saya mengucapkan
terima kasih
(E) Atas perhatian Bapak/Ibu, saya
mengucapkan terima kasih
43. Cermatilah kalimat berikut!
Ibu-ibu muda sebaiknya membaca buku yang
berjudul “menerapkan budaya bersih pada
anak usia balita.”
Penulisan judul buku yang sesuai dengan
EYD adalah …
(A) Menerapkan Budaya bersih pada anak
usia balita
(B) Menerapkan Budaya Bersih pada Anak
Usia Balita
(C) Menerapkan Budaya Bersih Pada Anak
Usia Balita
(D) Menerapkan Budaya Bersih Pada anak
Usia balita
(E) Menerapkan Budaya Bersih pada anak
Usia Balita
44. Cermati topic karya ilmiah berikut!
Topik karya ilmiah : pengaruh sarapan pagi
terhadap kesehatan Siswa SMA di Jakarta.
Latar belakang yang sesuai dengan topic
tersebut adalah …
(A) Sarapan pagi dengan makan nasi sangat
penting agar siswa SMA tetap sehat dan
semangat
(B) Banyak orang tua siswa SMA di Jakarta
khawatir terhadap anaknya karena tidak
mau sarapan pagi
(C) Banyak siswa SMA di Jakarta tidak sempat
sarapan pagi sebelum ke sekolah
karena sekolah dimulai pukul 06.30
(D) Siswa SMA di Jakarta jika tidak sarapan
pagi banyak yang kesehatannya menurun
(E) Banyak siswa SMA di Jakarta kurang
berprestasi karena tidak sarapan pagi sebelum
berangkat ke sekolah
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 12
45. Cermati topik berikut!
Topik karya ilmiah: Upaya menanggulangi
kenakalan di kalangan remaja
Rumusan masalah yang sesuai dengan topic
tersebut adalah …
(A) Seberapa besarkah bahaya kenakalan di
kalangan remaja?
(B) Mengapa kenakalan berbahaya bagi
generasi muda?
(C) Bagaimanakah cara menanggulangi kenakalan
di kalangan remaja?
(D) Bagaimanakah peran orang tua dalam
mengawasi putra-putrinya sehubungan
dengan kenakalan remaja?
(E) Usaha apa yang dilakukan untuk mengurangi
dampak kenakalan remaja?
46. Bacalah pantun berikut!
Pisau dan belati banyak gunanya
Bila ingin tajam harus diasah
Bila hidupmu resah dan gelisah
Kalimat bermajas yang tepat untuk mengisi
pantun tersebut adalah …
(A) Banyak berdoa kepada Nya
(B) Marilah berdoa kepada Yang Kuasa
(C) Jangan lupa kepada-Nya
(D) Tenggelamkan diri pada doa
(E) Rajin-rajinlah engkau berdoa
47. Cermati penggalan naskah drama
berikut!
Kak Imah : “Non, emak masuk UGD dan
dokter meminta persetujuan
dari keluarga untuk merawat
emak di ruang ICU karena
kondisinya kritis. Bagaimana
menurut Non?
Nonon : “Kalau memungkinkan, baiknya
emak dibawa ke rumah sakit
yang bisa menerima Askes saja”
Kak Imah : …
Nonon : “Ya sudah, lakukan saja yang
terbaik, bentar lagi Non ke
sana”
Kalimat yang tepat melengkapi penggalan
naskah drama tersebut adalah …
(A) “Aku tidak tahu.”
(B) “Emak tidak mau.”
(C) “Mengapa harus dirawat?”
(D) “Cepat ke sini, ya!”
(E) “Memangnya Askes lebih baik?”
48. Cermatilah penjelasan karya sastra
berikut!
Judul cerpen : Liubliu
Pengarang : Aufannuha Ihsani, siswa
Mahkamah Internasional
Pondok Pesantren Krapyak,
Jogyakarta.
Isi cerpen : - Mengisahkan Fadril, siswa
pesantren asal Aceh, korban
tsunami yang kehilangan
rumah dan kedua orang
tuanya.
- Fadril mendapat kesempatan
menjadi siswa pertukaran
pelajar di AS
- Fadril berkenalan dengan
Olga, gadis Rusia yang tidak
beragama tetapi percaya
adanya Tuhan, dan keduanya
saling mencintai
- Ayah Olga seorang wartawan,
pernah ditahan karena di
tuduh sebagai mata-mata,
dan akhirnya tewas dalam
perampokan di New York
- Cara pandang hidup Olga
menyadarkan Fadril bagai
mana harus menghadapi
kenyataan di masa depan.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggu
yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah
…
(A) Cinta tanpa logika dan kematangan tindakan
cenderung menjadikan penafsiran
yang sesuai dengan selera kita saja.
(B) Cinta dan musibah adalah dua hal yang
membakar hati manusia begitu saja tanpa
mengenal logika
(C) Meski usia pengarang masih muda, tetapi
caranya memandang kehidupan sangat
matang dan peka terhadap pengalaman
(D) Kengerian tsunami yang dialaminya dibiarkan
jauh di Amerika Serikat
(E) Pilihan tokoh utamanya dari Rusia, tetapi
tokoh tambahan kebanyakan orang
Amerika dan keluarganya.
Kunci dan pembahasan soal ini bisa dilihat di www.zenius.net dengan memasukkan kode 2952 ke menu search.
Copyright © 2012 Zenius Education
UN SMA 2013 Bahasa Indonesia, Kode Soal
doc. name: UNSMA2013IND999 doc. version : 2013-07 | halaman 13
49. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Yanti berlari keluar sambil membawa biji
kopinya yang telah dibungkus. Di belakang
rumah dilihatnya kain-kain batik ibu Yanti
berserakan. Di pekarangan dilihatnya ibunya
menangis memeluk bapaknya yang di perutnya
menancap erat pisau yang sedikit demi
sedikit mengucurkan darah segar. Yanti kebingungan.
Kopi yang ada diangannya dilemparkannya
hingga terjatuh di lantai dan
hancur berkeping-keping mengotori kain
putihnya yang dengan susah payah dijaganya
supaya tidak kotor.
Bapaknya masih bias tersenyum
padanya, meski terbaring lemah di kamar
tidur. Yanti sendiri mencoba membantu
ibunya untuk mempermudah pekerjaab
ibunya sebagai pembatik …
(Batik kopi, Ulin nuka.)
Kalimat kritik yang menyatakan kelemahan
sesuai dengan kutipan tersebut adalah …
(A) Dilihat dari struktur cerita, bagian itu
terasa dating sekonyong-konyong tidak
memenuhi logika cerita karena tidak ada
alasan mengapa ayah dibunuh
(B) Bahasanya segar, lancar, menjalin, dan
bersih serta terasa puitis dalam imajinasi
kopi yang pecah seperti kopi yang bias
diminum ayah
(C) Penulis dengan manis membayangkan
kopi yang pecah adalah dirinya dan
ibunya yang ditinggal sang ayah dengan
cara mengenaskan
(D) Melihat bahasanya yang bersih dan kemampuannya
membangun asosiasi
dalam cerita, pengarang jelas memiliki
bakat menjadi sorang penulis
(E) Klimaks tidak berfungsi sekedar menimbulkan
ketegangan atau memperkuat
rasa haru, tetapi juga harus berkaitan
dengan peristiwa yang lalu
50. Bacalah kutipan esai berikut!
Saat ini penyair atau penulis-penulis
sastra mendapatkan banyak perhatian publik.
Karya-karya penyair saat ini mendapat
perhatian media massa. Bahkan, ada juga
penulis muda yang baru saja menulis karyakaryanya
sudah dilirik media massa.
Sebaliknya, sepuluh tahun yang lalu untuk
mendapatkan perhatian public, seorang
penulis harus menulis beberapa karya
dahulu.
Kalimat simpulan yang sesuai untuk
mengakhiri esai tersebut adalah …
(A) Pada zaman dahulu belum banyak
media massa sehingga penyair sulit
terkenal
(B) Media massa memang lebih menyukai
karya-karya baru dari pada karya-karya
yang lain
(C) Penulis sekarang memiliki bakal pengetahuan
yang lebih luas dari pada penulis
terdahulu
(D) Penulis-penulis saat ini telah memiliki
bakal pengetahuan yang lebih luas dari
pada penulis terdahulu
(E) Penulis pada masa sepuluh tahun belakangan
ini banyak mendapatkan kemudahan
dibandingkan pendahulunya
kumpulan latihan soal soal Un SMA ips- B indonesia
03.30 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar